Mari kita mengabdi, bersama gadjah mada mengajar, klik untuk download formulir!
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Press Release Hari AIDS

Jumat, 23 Desember 2011




 
PRESS RELEASE
Subjek                         : Aksi Solidaritas Hari AIDS Se-Dunia
Tanggal                       : 1 Desember 2011
Contact Person            : Nur Saudah Al Arifa danur (0852 92 59 1282)

HIV / AIDS adalah merupakan penyakit mematikan yang tidak asing lagi dimata penduduk dunia. Sejak munculnya penyakit ini terutama belahan bumi Afrika dan terus menerus menyebar ke seluruh penjuru dunia.  Dalam konteks ini, Indonesia tak luput menjadi lahan penyebaran virus HIV/AIDS. Kasus AIDS yang terjadi di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, sampai saat ini seperti yang dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan per Juni 2011, bahwa terdapat 26.483 kasus HIV sejak pertama kali ditemukan tahun 1987. Berdasarkan cara penularan kasus AIDS kumulatif melalui Heteroseksual 54,8%, IDU 36,2%, pasangan gay 2,9%, Perinatal 2,8%, transfusi darah 0,2% dan tidak diketahui 3,0%. Sementara itu jika dilihat dari kelompok umur, kasus AIDS terjadi pada kelompok umur 20 – 29 tahun yakni sebesar 46,4%, disusul kelompok umur 30 – 39 tahun 31,5%dan kelompok umur 40 – 49 tahun 9,8%  kondisi ini tentunya sangat memperihatinkan khususnya kelompok usia remaja yang merupakan pondasi bangsa yang bertugas untuk meneruskan perjuangan untuk mencapai cita – cita bangsa.
Termasuk di Yogyakarta, jika dilihat dari jumlah angka penderita HIV/AIDS di Yogyakarta mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir. Jumlahnya pun meningkat tajam dari 20 penderita di tahun 2002 menjadi 393 orang per September 2007. Mereka yang terinfeksi berada di usia produktif yaitu 15-30 tahun .
Maka dari itu sebagai bentuk kepedulian, Kementerian Sosial Kemasyarakatan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluaraga Mahasiswa (BEM KM ) UGM bekerjasama dengan SOSMAS BEM se UGM  ingin mengkampanyekan dan sosialisasi pencegahan penyebaran HIV / AIDS di Yogyakarta, melalui aksi solidaritas di Bunderan UGM pada 1 Desember 2011 Pukul 19.30-21.00 WIB dengan estimasi massa sekitar 50 orang. Target dari aksi solidaritas ini adalah mahasiswa UGM pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Karena kami menilai cara yang paling efektif untuk menjangkau kaum muda adalah Universitas. Melalui aksi solidaritas tersebut dan serta stiker peduli ODHA dikampus-kampus diharapkan menjadi sarana informasi bagi kaum muda agar lebih memahami dan peduli tentang bahaya penularan HIV / AIDS dan pencegahannya.